Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Salam dan Bahagia…
Selamat bertemu lagi dengan saya Hayardin, S.Pd, Calon Guru Penggerak Angkatan 11 dari UPTD SD Negeri 3 Barru Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi Selatan. Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.1. Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid.
Jurnal refleksi dwi mingguan ini merupakan salah satu tugas yang harus calon guru penggerak selesaikan sebagai catatan refleksi diri yang ditulis secara rutin setiap dua minggu sekali . Jurnal Dwi mingguan ini harus saya tulis untuk menggambarkan refleksi setelah mempelajari Modul 2.1 dan ini merupakan tugas setelah berakhirnya modul yang dipelajari sebagai seorang Calon Guru Penggerak
Sebagai calon guru penggerak, saya akan merefleksikan seluruh rangkaian kegiatan selama mempelajari modul 2.1. Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid dengan model refleksi 4F (Fact, Feeling, Findings, Future) yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway.
Dibawah Ini ulasan jurnal refleksi dwi mingguan modul 2.1. Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid
a) Fact (Peristiwa)
Pada minggu Akhir Agustus 2024, saya mulai mempelajari materi mulai dari diri dan eksplorasi konsep secara mandiri di LMS Pada Modul modul 2.1. Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid.
Setelah mempelajari bagian ‘mulai dari diri’, saya lanjutkan pada bagian ‘Eksplorasi Konsep’ Modul 2.1 . Pada bagian ini saya mempelajari pembelajaran berdiferensiasi dan penerapannya di kelas, disamping itu pula saya mengenal pemetaan kebutuhan peserta didik yang terdiri dari 3 aspek yaitu Kesiapan belajar, minat belajar dan profil belajar sehingga nantinya dapat menerapakan diferensiasi konten, diferensiasi proses dan diferensiasi produk serta memahami gaya belajar peserta didik yang terdiri dari gaya belajar visual, gaya belajar auditori dan gaya belajar kinestik.
Pada tanggal 23 Agustus 2024 saya mengikuti zoom dalam ruang Kolaborasi Modul 2.1 dengan fasilitator saya yaitu Bapak Samsumarlin, S.Pd,M.Pd dan juga hadir Pengajar Praktik Kami Bapak Risal, S.Pd. membahas materi tentang “ Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid “.
Pada kegiatan Diskusi di ruang Kolaborasi dibentuk menjadi 2 kelompok dan saya di kelompok 2 bersama Ibu Nina, Ibu Armini dan saya sendiri Pak Hayardin. Saya dan anggota kelompok yang lain harus menelaah skenario pembelajaran berdiferensiasi yang telah disediakan di LMS
Pada tanggal 26 Agustus 2024 tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi serta pemberian Umpan balik dan saling diskusi menyampaikan pendapat dan mengomentari pendapat kelompok lain. Banyak pengalaman dan pengetahuan baru yang saya dapatkan dikegiatan presentasi tesebut. Kemudian tanggal 28 Agustus 2024 saya mengunggah tugas ruang kolaborasi modul 2.1 pada LMS yang due datenya 29 Agustus 2024.
Setelah berkolaborasi, saya fokus mengerjakan tugas mandiri lagi di LMS pada bagian ‘Demonstrasi Kontekstual’. Di bagian ini saya saya menerapakan pembelajaran berdiferensiasi dengan lebih awal membuat RPP berdiferensiasi kemudian menerapkan pada proses pembelajaran
Pada tanggal 29 Agustus 2024 saya mengikuti Zoom Elaborasi Pemahaman Modul 2.1 Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid bersama Fasilitator Ibu Rini Rachman dan Seluruh Bapak Ibu Guru Hebat CGP Angkatan 11
Setelah mengikuti kegiatan Elaborasi, saya kemudian melanjutkan pada bagian Koneksi Antar Materi. Pada bagian Koneksi Antar Materi tentunya disini saya mengaitkan materi yang telah dipelajari mulai dari Filosofi KHD, Nilai dan Peran guru Penggerak, Visi Guru penggerak, Budaya Positif sampai pada pembelajaran berdiferensiasi yang berpihak pada peserta didik untuk mewujudkan Pelajar Profil Pancasila. Kemudian pada Aksi nyata saya mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi dalam proses pembelajaran
b) Feeling (Perasaan)
Setelah mempelajari modul 2.1 mengenai "Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid" dan mengikuti serangkaian kegiatan baik belajar secara mandiri maupun diskusi secara virtual, yang saya rasakan adalah senang dan semakin termotivasi untuk semangat dalam menjalankan pendidikan guru penggerak. Selain itu saya juga bersemangat dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah .
Saya merasa sangat tercerahkan setelah mempelajari modul 2.1 karena mendapat pengetahuan baru tentang aspek kebutuhan, strategi dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi serta dapat mengenal gaya belajar peserta didik
c) Findings (Pembelajaran)
Setelah mempelajari Modul 2.1 , sangat banyak pengalaman dan ilmu baru yang yang saya peroleh, yaitu diantaranya memahami arti pembelajaran berdiferensiasi, memahami 3 aspek kebutuhan belajar peserta didik (kesiapan belajar, minat belajar dan Profil belajar), memahami strategi dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi ( konten, proses dan produk) serta dapat mengenal gaya belajar peserta didik (Visual, Audiotori dan Kinestik)
d) Future (Penerapan)
Setelah mempelajari modul 2.1 ini yaitu tentang "Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid" maka saya berusaha berkomitmen untuk memulai menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dimana langkah awal yang saya lakukan adalah mengetahui kesiapan belajar, minat belajar, dan Profil belajar peserta didik dengan menggunakan asesmen atau dengan melakukan pengamatan langsung kepada peserta didik
Demikian refleksi Dwi Mingguan Modul 2.1 saya tentang "Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid". Semoga bermanfaat dan Menginspirasi Bapak/Ibu Guru Hebat...
Salam Guru Penggerak !!!
Semoga TERGERAK, Lekas BERGERAK dan Mari MENGGERAKKAN !!!
Terimakasih
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...